Minggu, 12 Mei 2013 | By: Unknown

Komputasi Modern (Modern Computing)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Komputasi Modern terdiri dari 2 kata, yaitu Komputasi dan Modern. 
Komputasi berasal dari kata to compute yang memiliki arti menghitung. Sedangkan menurut Wikipedia (saya edit seperlunya), komputasi merupakan cara yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah dengan cara menganalisa data masukkan yang diproses dengan menggunakan suatu algoritma. Sedangkan modern adalah kondisi zaman terkini. Masa modern ditandai dengan perkembangan pesat di bidang ilmu pengetahuan, politik, dan teknologi. Dari akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, seni modern, politik, iptek, dan budaya tak hanya mendominasi Eropa Barat dan Amerika Utara, namun juga hampir setiap jengkal daerah di dunia. 
Komputasi sudah dilakukan manusia sejak zaman dahulu dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka berkembang pula cara komputasi. Saat ini hampir semua proses komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.
Jadi, Komputasi Modern adalah suatu perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan komputer.
Tokoh yang berperan dalam Komputasi Modern

Ada yang tahu siapa nama tokoh yang paling berpean dalam komputasi modern?
Jawabannya adalaaaaah John Von Neumann.
Ada yang tahu siapa itu John Von Neumann?
Berikut saya mengutip sebuah artikel dari salah satu sumber [3]: 
"John Von Neumann adalah salah satu ahli matematika terbesar abad ini. Beliaulah yang pertama kali menggagas konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini. Beliau juga salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.

Kepiawaian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Von Neumann dilahirkan di Budapest, ibu kota Hungaria, pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit. Di sana, nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann dan Margaret Kann. Max Neumann memperoleh gelar dan namanya berubah menjadi Von Neumann. Max Neumann adalah seorang Yahudi Hungaria yang bergelar doktor dalam ilmu hukum. Dia juga seorang pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest terkenal sebagai tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan musisi.

John Von Neumann meninggal pada 8 Februari 1957, 18 bulan setelah dirinya dinyatakan menderita penyakit kanker. Ide-idenya tetap hidup sampai saat ini dan memengaruhi sebagian besar kehidupan kita."
Jenis-jenis Komputasi Modern

Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu mobile computing, grid computing, dan cloud computing.
  1. Mobile computing
    Mobile computing merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga manusia dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan tidak tergantung di satu tempat (mudah dibawa kemana-mana). Contohnya seperti GPS, smart phone, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

  2. Grid computing
    Grid Computing merupakan komputasi yang dilakukan menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, datanya didistibusikan dan dihubungkan oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa kriteria yang dapat kita digunakan untuk mengenali sistem komputasi yang digunakan dalam komputasi tersebuat adalah grid computing, diantaranya adalah:
    a. Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
    b. Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
    c. Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

  3. Cloud computing
    Cloud computing merupakan komputasi yang dinamis dengan memanfaatkan sumber daya virtual yang  menyediakan layanannya melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model storage dalam internet. Contoh cloud computing adalah dropbox, google drive, 4shared, dan masih banyak lagi contoh lainnya. 
Penjelasan tentang cloud computing akan dibahas lebih lengkap pada postingan saya berikutnya. See yaaa !
Sekian yang dapat saya coba untuk jelaskan kembali tentang komputasi modern. Semoga apa yang saya tuliskan disini dapat bermanfaat. Akhir kata “tiada kesan tanpa komentarmu”, terima kasih dan …
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Referensi: 

0 komentar:

Posting Komentar